Rss

Thursday, June 23, 2016

Kehutanan UMM


Jurusan kehutanan berdiri pada tahun 1999 dan kini memperoleh status Terakreditasi “B' dari BAN PT. Jurusan Kehutanan UMM merupakan satu-satu jurusan Kehutanan yang ada di Wilayah Jawa Timur dengan program sarjana strata 1 (satu).
Untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia bidang kehutanan yang berkualitas dalam menjawab tantangan pengelolaan sumberdaya hutan ke depan, Jurusan kehutanan telah mengembangkan IPTEK sesuai dengan keahliannya. Untuk mendukung hal tersebut jurusan kehutanan telah menjalin kerjasama dengan instansi kehutanan dan perguruan mitranya, antara lain: Kementerian Kehutanan RI di bidang penelitian dan pengembangan sumber daya hutan yang meliputi: bidang rehabilitasi hutan dan lahan, konservasi sumberdaya hutan, dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan, Perum Perhutani II Jawa Timur dalam bentuk praktik kerja lapang dan penelitian serta dengan Fakultas Kehutanan UGM dalam bentuk pendidikan dan praktek umum.
Sebagai penunjang kurikulum yang berbasis kompetensi, jurusan kehutanan telah menyiapkan staf pengajar yang memiliki keahlian terkait dengan aspek kewirausahaan yang berbasis kelestarian lingkungan, keahlian dibidang lingkungan hidup (kualifikasi sertifikat AMDAL ), kompetensi penilai mutu bibit, dan kompetensi di bidang konservasi sumberdaya hutan alam, sehingga lulusan kehutanan mampu berkompetisi di dunia kerja terbukti dengan banyak alumni yang bekerja di Instansi pemerintah maupun swasta.


Sesuai dengan visi dan misi serta tugas pokok dan fungsinya program studi Kehutanan telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Program studi Kehutanan tidak menyelenggarakan kelas jauh dan menyerahkan laporan EPSBED ke Dikti setiap semester.
Program studi kehutanan telah meluluskan mahasiswa sebanyak  315 alumni yang tersebar di berbagai daerah. Sebagian besar alumni telah terserap sebagai karyawan PNS, pegawai BUMN/BUMS dan berwiraswasta di bidang kehutanan.

PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI KEHUTANAN
Saat ini program studi Kehutanan FP-UMM berusaha memanfaatkan jaringan Internet dengan lebar bandwidht 2 Mbps, yang sejak 2006 lalu melalui PHK Inherent K1, UMM telah terhubung dengan jaringan Inherent melalui local node Universitas Brawijaya. Dengan infrastruktur yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Malang, program studi Kehutanan FP-UMM pada tahun 2008 telah mengembangkan system pembelajaran berbasis TIK melalui program inherent K1.

PENGEMBANGAN BIDANG MANAJERIAL PROGRAM

Prinsip pengelolaan program studi Kehutanan menganut pada konsep pelayanan prima yaitu cepat, sderhana, mudah dan real time, namun tidak mengurangi prinsip-prinsip ketelitian/akurasi dan profesionalitas. Program studi Kehutanan telah mengembangkan layanan tersebut dengan menerapkan input database yang berbasis Microsoft acces antara lain:

· Pengelolaan system administrasi akademik
· Pengelolaan system administrasi surat menyurat
· Pengelolaan system database kemahasiswaan dan alumni

Adanya model pelayanan tersebut maka kinerja program studi akan semakin meningkat dan dapat membantu pelayanan baik terhadap dosen, mahasiswa maupun keluarga/orang tua mahasiswa untuk dapat mengetahui informasi yang diperlukan dengan layanan yang prima, bersahabat dan memuaskan.

0 comments:

Post a Comment